April 11, 2009

Cara Ganti Theme Vista

Setelah saya mencoba 3 buah OS ( Windows XP Pro – Vista Home Premium – Windows 7 Beta) ternyata saya jatuh hati kepada Windows Vista. Setelah semua proses instalasi selesai, driver sudah diinstal, dan beberapa aplikasi tambahan sudah menempel di komputer saya rasanya pengen banget bikin tampilan windows baru saya jadi berbeda. Saat itu juga saya langsung browsing mencari-cari tema vista. Tapi masalah mucul ketika saya ingin ganti tema, TIDAK BISA.

Bagi pembaca yang punya masalah sama dengan saya tidak usah dijadikan beban. Sebab saya sudah tahu caranya, dan akan saya bagikan untuk anda.


Menginstal tema di vista emang agak sedikit ribet. Soalnya vista mewajibkan patch UI (user interface) karena dari pihak Windows sengaja “mengunci” user interface untuk alasan stabilitas OS.

Untungnya semua masalah tersebut dapat diatasi degan adanya software yang berlisensi “free” namanya VistaGlazz. OK, langkah awal yang harus anda persiapkan adalah mendownload VistaGlazz. Silahkan download VistaGlazz di www.codegazer.com/downloads/VistaGlazzSetup.exe

Kalau sudah di download sekarang install dulu VistaGlazznya. Jika proses instalasi telah selesai bukalah VistaGlazznya. Jika muncul peringatan seperi gambar dibawah ini, pilih saja “I Agree

image

Sekarang kita masuk ke tahap berikutnya. Agar proses berjalan lebih cepat, ada baiknya jika kita menggunakan all in one process dengan cara klik ikon kedua dari kiri.

image

Jika ikon kedua sudah di klik, maka akan muncul window seperti dibawah ini

image klik saja “patch style”. Nah, jika patch style sudah diklik, maka akan muncul warning.

image Jika muncul warning seperti ini, klik tulisan “patch everything at once”. Setelah itu kita diharuskan untuk melakukan reboot.

image

Sesudah reboot,buka kembali VistaGlazz yang sudah diinstal tadi. Jika proses berlangsung dengan benar, maka seharusnya ikon pertama dan kedua tadi sudah memiliki “perisai hijau” dengan tanda checklist ditengahnya.

image

Selamat !!! VistaGlazz anda sudah berfungsi sebagaimana mestinya. Sekarang Windows Vista anda sudah dapat diubah dengan tema dari pihak ke tiga. Cari aja sama mbah google atau ke www.VistaKnowledge.com. Nah, sekarang saya mau bahas tentang cara instalasi theme standar.

image nah folder themes tadi dicopy ke C:/Windows/Resources/Themes/, sehingga nantinya akan tampak seperti ini:

image Nah sesudah itu, buka folder tadi dan klik 2 kali untuk membuka windows visual style dengan icon kuas cat Sesudah itu akan keluar window “Appearance Settings”. Di situ nantinya akan ada 2 “Windows Aero”. Salah satunya adalah Aero standar Vista, sedangkan yang lain adalah Theme baru anda.

image Pilih salah satu, kemudian klik “Apply”. Jika Vista masih sama seperti tampilan awal, berarti pilih “Windows Aero” yang satunya lagi. Jika berhasil, maka…

image

image

OK, semua sudah selesai. Selamat bersenang-senang dengan tema baru.


COMMENTS :

Don't Spam Here

19 komentar to “Cara Ganti Theme Vista”

mas saya mw instal vista glas tapi jawabannya kayak gini...

"this programis designed for windows vista. your system doesn't meet the minimum requirements for installation. please read the system requirements on our website."

trus apa yang harus saya lakukan mas...

tolong di balas/diberi tahu secepatnya yah mas
terima kasih.

Anonim mengatakan...
on 

@ Anonim
Kemungkinan besar kalo saya lihat dari pesan diatas, masalahnya adalah spesifikasi komputer Anda tidak memnuhi standar minimum untuk menjalankan program tersebut.

Ankardiansyah Pandu Pradana mengatakan...
on 

koq saya enggak bisa ya... ajarin dong :D ada ym enggak?

Anonim mengatakan...
on 

mas saya sudah instal VG sudah lebih dari 3 bulan terjadi maslah....yaitu theme ketika komp di nyalakan menjadi default windows clasic....untuk merubahnya kita harus merubah seperti biasa....hal ini sangat menganggu satya karena...ketika theme sudah dirubah ketika dinyalakan kembali defaultnya windows clasic...patchnya juga bermasalah...sy pk versi 1.1 ...sebelumnya hal ini juga sudah pernah terjadi dan saya reinstal lagi vistanya dan noral lai,.... jadi mohon bantuannya yah mas...

Tommy Wahyu Utomo mengatakan...
on 

Mas, sya dah bs install VG.tp sya mw nnya contoh thema yg d atas.itu icon2 nya bs manjang ke bawah miring gtu gmn mas?????apah itu dah termasuk ke dlam thema??????

Anonim mengatakan...
on 

aku coba ahhhhh

atha mengatakan...
on 

penting bgt informasinya bos

Anonim mengatakan...
on 

AKu udah donlod berbagai macam tema,tapi ternyata g bisa di instal
Semoga dgn make vista glass ini bisa langsung di instal
Trimakasih infonya yaaa ^.^

Anonim mengatakan...
on 

VG nya g bisa di jalankan
Jawabnya "VG Stop Working"
Kenapa yaa??

Anonim mengatakan...
on 

saya udah instal VG sesuai info dr mas(sukses) lalu saya instal theme tp kok iconnya gak brubah ya kayak yg discreenshot? mohon bantuannya.. saya pake os vista ultimate extra.

thanx

Anonim mengatakan...
on 

booossss ,,,aku kok gak bs donlwod,,,gmn caranya,,,barusan aku coba bs,,tapi setelah di open kluar scureti waning trus gak bs,,,tolong ksih jalan kluarnya,,,

edy mengatakan...
on 

gan mau nanya...,laptop ane dirubah stylenya mau...,tp problemnya tuh kalo direstart themanya balik lagi jadi windows clasic,biar windows clasicnya gak permanen caranya gimana ya??,mohon bantuannya gan...,
blesnya ke email aj ya
genk_kancil71@yahoo.com,thx

Joey mengatakan...
on 

pada saat tahap kita klik patch style,muncul tulisan sprti ini : your system files are invalid,the style patch cannot continue.
lalu hanya ada pilihan : back to main menu
tolong solusinya,terimakasih

Anonim mengatakan...
on 

buat teman2 yg belum mengikuti langkah2 diatas silahkan kunjungi
http://www.hong.web.id/tutorial/cara-install-memakai-theme-pihak-ke3-di-windows-xp-vista-dan-7

NB:Bacalah dri berbagai sumber sebelum anda menyesal d'kemudian hari.

Anonim mengatakan...
on 

((((("buat teman2 yg belum mengikuti langkah2 diatas silahkan kunjungi
http://www.hong.web.id/tutorial/cara-install-memakai-theme-pihak-ke3-di-windows-xp-vista-dan-7

NB:Bacalah dri berbagai sumber sebelum anda menyesal d'kemudian hari.")))))


90od j0b,,,
:D
thANKx u,,,

Anonim mengatakan...
on 
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Michael mengatakan...
on 

Makasih om .. tengkiu banget./

Anonim mengatakan...
on 

pada saat tahap kita klik patch style,muncul tulisan sprti ini : your system files are invalid,the style patch cannot continue.
lalu hanya ada pilihan : back to main menu
tolong solusinya,terimakasih

Unknown mengatakan...
on 

makasih bang info ny XD

Anonim mengatakan...
on 

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .