Judulnya memang aneh, saya sendiri bingung hendak memberi judul apa agar pas dengan tutorial kali ini. Namun saya rasa, ini adalah judul yang paling pas untuk tutorial kali ini. Jadi begini, kadang kita sering membuat tabel dengan MS Office Excel. Nah, biasanya tiap tabel mempunyai keterangan induk dibagian paling atas. Celakanya jika tabel yang kita buat ternyata lebih dari satu lembar, dan pada halaman selanjutnya (halaman 2, halaman 3, dan seterusnya) kotak keterangan yang diletakan paling atas tadi ternyata tidak masuk ke halamn itu. Paham tidak ya? Soalnya saya bingung jelasinnya. Gini saja, saya akan jelaskan menggunakan gambar.
- Ketika kita membuat tabel maka halaman pertama akan tercetak seperti dibawah ini :
- Namun ketika halaman kedua dan seterusnya dicetak, maka yang tercetak adalah seperti berikut :
Nah, yang saya maksud adalah, bagaimana cara membuat supaya kotak keterangan (yang saya warnai hijau dan dikelilingi garis merah) itu dapat tercetak seperti halaman pertama tadi. Mari simak tutorialnya.
- Silakan buat sembarang tabel, atau buka tabel yang ingin Anda buat seperti ini.
- Setelah itu, pilih menu insert
- Klik pada menu header and footer
- Pastikan muncul jendela seperti ini :
- Klik pada tab menu “SHEET” hingga tampilannya menjadi seperi ini :
- Lanjutkan dengan mengklik “ROWS TO REPEAT AT TOP”
- Setelah itu kursor Anda akan berubah menjadi tanda panah, dan klik pada kotak keterangan yang Anda buat hingga seluruh kotak keterangan itu terblok oleh garis putus-putus
- Langkah selanjtnya adalah meneruskan konfigurasi dengan meng klik pada gambar seperti dibawah ini :
- Selanjutnya akan muncul jendela yang sama seperti tadi, hanya saja ada perbedaan pada kolom isian rows to repeat at top. Abaikan saja lalu pilih OK
- Lihatlah pada print preview, sekarang kotak keterangan sudah ada pada setiap halaman.
*Mohon maaf jika bahasa saya susah dipahami. Soalnya saya membuat tutorial ini dalam keadaan sakit hati*
Pertamaxxxxxxxxxxxxxx....
Sakit hati pa sakit gigi Bosss..
hehehe.. Peace lo boss..
Duh..!! mslahe q gak punya excel 2007, jd agak bngung ma toturialnya..
wah keren ini tips, soalnya saya jarang pake excel, seringnya word ma pwer point
@henky :download jja mas office 2007 nya, hehehe
wah, aku pakeknya Open Office.org bro....heheheh...
Okey tutorialnya jelas banget, dan aku beberapa bulan ini sering banget pake excell 2007, dulu2 sih yg 2003. Jadi tahu deh bedanya.
Tapi sakit hatinya dah sembuh lum?...
isi blog ini selalu bagus & bermanfaat! Saya selalu suka untuk berkunjung lagi kesini...
maksih tipsnya ya bro...
salam kenal ya bro...
mas awda award but km nh.. hehe..
di cicipi eah.. ^_^
@dapid: klo open office tambah gampang
klik Format-Print Ranges-Edit-isi row to repeatnya misal $2:$4